Jumat, 08 Maret 2013

Tingkatkan Kemampuan Menyimpan Data Dengan Trik Disk Write Caching


Terdapat banyak cara untuk mendongkrak performa komputer, salah satunya adalah dengan meningkatkan kemampuan komputer dalam menyimpan data. Meningkatkan kemampuan komputer dalam menyimpan data bukan berarti menambah ukuran hard disk, pada trik kali ini kita akan memanfaatkan fitur Disk Write Caching yang memang secara default disediakan oleh Windows, hanya mungkin banyak pengguna tidak mengetahuinya.
Meningkatkan kemampuan baca tulis hardisk
Sebenarnya apa sih Disk Write Caching? Disk Write Caching adalah fasilitas yang memberikan operasi tambahan kepada sistem agar mengaktifkan fitur cache pada saat data dibuat. Sistem akan secara simultan menciptakan cache pada saat file akan disimpan ke dalam disk, setelah file benar-benar dibuat oleh sistem baru kemudian file tersebut akan dituliskan secara permanen ke dalam disk. Sistem lalu memberikan informasi bahwa cache telah aman untuk dihapus.
Dengan adanya operasi semacam ini, maka hard disk tidak harus selalu bekerja menyimpan setiap file yang dibuat sehingga secara otomatis meningkatkan kemampuan dan juga performa komputer.

Mengaktifkan Disk Write Caching

Cara Pertama; Via Windows Explorer

  • Buka Windows Explorer – klik kanan pada salah satu partisi – klik Properties.
  • Klik menu tab Hardware dan klik tombol Properties.
Disk write caching pada Windows Explorer
  • Kemudian klik tab menu Policies dan centang kotak Enable disk caching on this device lalu klik tombol OK.
Enable disk caching pada hardisk

Cara Kedua: Via Device Manager

  • Anda dapat juga mengaktifkan fitur disk caching melalui Device Manager, caranya klik tombol Start Menu dan ketikkan Device Manager lalu klik menu Device Manager yang muncul di Start Menu Bar.
  • Klik Disk Drive – klik kanan pada teks Hitachi dan klik Properties
Meningkatkan performa hardisk pada Windows
  • Sama seperti langkah nomor tiga cara pertama di atas, klik tab menu Policies dan centang kotak Enable disk caching on this device lalu klik tombol OK.
Write cache untuk meningkatkan performa hard disk drive
Cara di atas dapat dilakukan dengan mudah, silahkan dicoba dan jangan takut apabila terjadi kesalahan, ikuti langkah demi langkah yang saya berikan. Trik ini penting untuk dilakukan terutama apabila performa komputer mulai melambat yang mungkin disebabkan oleh hardisk yang mulai melambat.

0 komentar:

Posting Komentar

About

Community Technology Best Students. Diberdayakan oleh Blogger.