Rabu, 06 Maret 2013

Cara Jitu Membuat Presentasi PowerPoint Yang Baik Dan Benar


Yang Baik Dan Benar

– Sahabat Al3ridho, pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan berbagi artikel mengenai Cara mmebuat presentasi PowerPoint. Powerpoint menyediakan pilihan fasilitas dalam pembuatan presentasi yang meliputi penggunaan template (pola). Template slide design terdiri atas design template, colr scheme, dan animation scheme. Design template memberikan alternatif tipe backroud dan teks, color scheme memebrikan alternatif pewarnaan objek slide, dan animation scheme memberikan alternatif tipe animasi pada slide. Slide Layout mmeberikan alternatif penyisipan objek pada slide secara praktis.
Cara Membuat Presentasi PowerPoint
Mengatur Teks
Teks dalam MS Powerpoint berada dalam teks box. Klik tulisan click to add title dan gantilah tulisan menjadi presentasi. Gantilah pula tulisan click add subtitle menjadi power point. Untuk mengatur jenis huruf atau font, ukuran, dan warna huruf, kita bisa memanfaatkan icon yang terdapat pada tab home dalam group font ataupun group paragraph. Pengaturan huruf atau teks ini tak berbeda dengan pengaturan teks pada MS Word.
Menambahkan Slide Baru
Penambahan slide baru dapat dilakukan melalui ikon new slide pada tab home atau tekan tombol Ctrl + M pada keyboard secara bersamaan hingga muncul slide kedua. Pada slide kedua tersebut akan terlihat text handler yang bisa diganti teksnya sesuai keinginan.
Menyimpan Dokumen Presentasi
Dokumen presentasi powerpoint dapat disimpan dengan menggunakan tombol Ctrl + S pada keyboard atau klik save pada office button. Setelah muncu kotak dialog save as, ketik nama file lalu klik save.
Mengatur Ukuran Dokumen Presentasi
Ukuran dokumen presentasi dapat diatur melalui ikon page setup pada tab design. pada kotak dialog page setup kita bisa memilih ukuran-ukuran standar tertentu atau kita juga dapat mendefinisikansendiri ukuran dengan mengetikkan pada kolom width dan height kemudian klik ok.
Mengatur Backgroud/latar belakang
Pengaturan background pada slide sama halnya dengan pengaturan backgroud pada MS Word. Dengan mengklik Background Styles => format background pada tab design, kita akan menemui kotak dialog format background. pada kotak dialog tersebut kita dapat mengatur warna tunggal ataupun gradasi (gradient) dan tekstur.
Slides Pane dan outline Pane
Slide Pane dan outline pane biasanya terletak disebelah kiri lembar kerja. Slide pane menampilkan slide presentasi dalam ukuran kecil atau thumbnail. Pada slide pane ini kita dapat mengatur urutan slide dengan cara drag & drop. outline pane dapat menampilkan outline teks, kita juga dapat mengedit teks pada outline pane.
Menampilkan Slide
Untuk melihat tampilan presentasi yang dijalankan, klik ikon from beginning pada tab slide show atau tekan tombol F5. Untuk mengakhiri presentasi slide, tekan tombol Esc.
Menyisipkan objek ke dalam presentasi
http://id.effectivemeasure.net/emnb_18_27281.gif
Dokumen presentasi powerpoint dapat dilengkapi dengan objek audio maupun visual untuk menhasilkan presetasi yang menarik. Ada berbagai jenis objek yang bisa disisipkan ke dalam dokumen presentasi, misalnya gambar (*.jpg dan *.bmp) diagram, tabel, grafik (chart), clipart, wordart, suara (*.wap dan *.mid), bahkan movie atau film (*.mpeg).
Slide layout, slide design dan color scheme
untuk mengatur tampilan slide, baik dalam hal tata letak (layout), background, dan pola warna, kita dapat menggunakan pola yang tersedia dalam bentuk template. Untuk mengatur tata letak teks objek, dapat digunakan template slide layout. Untuk mengatur model desain dan pewarnaan dapat digunakan slide design dan colr scheme.
Layout slide dapat diakses melalui ikon layout pada tab home, sedangkan tema slide dapat diakses melalui ikon layout pada tab home, sedangkan tema slide dapat diakses melalui tab design. didalam tab design terdapat berbagai macam pilihan tema slide yang dapat dipilih.
Mengatur animasi Pada Slide
Efek animasi pada slide dapat digunakan agar tampilan slide lebih menarik dan atraktif. ada beberapa bagian slide yang dapat diberi efek animasi, yaitu teks, objek gambar, maupun transisi atau pergantian slide.
Mengatur durasi Presentasi
PowerPoint  menyediakan fasilitas timing, yaitu fasilitas untuk mengatur beberapa lama slide akan ditemapilkan dalam sebuah presentasi.
Mengatur Urutan Penayangan slide
Penayangan slide tak selalu berurut sesuai nomor slide. Kita bisa mengatur urutan penayangan slide melalui tab slide show => custom slide show => custom shows.
Menggunakan Navigasi
Navigasi digunakan untuk berpindah ke bagian dokumen tertentu, slide lain dalam satu dokumen atau slide lain dalam dokumen lain. Tombol navigasi dapat dimunculkan melaui menu tab insert => shapes => action buttons, pilih salah satu tombol yang sesuai.
Mencetak hasil presentasi
Untuk mencetak dokumen presentasi dilakukan pada ikon print, kemudian atur sesuai kertas yang dipakai untuk memprint dokumen presentasi tersebut.
Demikianlah artikel Pustaka Sekolah yang membahas mengenai Cara Membuat Presentasi PowerPoint, semoga artikel ini tentunya dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]

0 komentar:

Poskan Komentar

About

Community Technology Best Students. Diberdayakan oleh Blogger.